Minggu, 06 Maret 2011

tugas pancasila part 5

Soal :
1. Apa yang anda usulkan kepada pemerintah demi tegaknya
supremasi hukum di Indonesia ?
2. Bagaimana paradigma Pancasila dalam menghadapi beberapa
kasus yang berkaitan dengan kehidupan agama di Indonesia ?

Jawab :

1. Yang akan saya usulkan kepada pemerintah demi tegaknya supremasi hukum di Indonesia adalah lebih adanya ketegasan dan tetap menjunjung tinggi dasar hukum yang seharusnya sudah ada dalam Undang-undang Dasar 1945 dikarenakan hukum zaman sekarang sudah tidak ada lagi ketegasan,kejujuran apalagi untuk berpedoman pada dasar hukum karena lebih kepada uang. Sebagai pemerintah seharusnya mereka dapat menjadi penguasa yang bijaksana terhdapa rakyat,dapat menegakkan hukum sesuai dengan dasar hukum yang ada dan yang terpenting untuk saya seharusnya pemerintah mempunyai solusi di setiap masalah negara yang berhubungan dengan hukum agar masyarakat tidak terus-terusan salah kaprah dengan kasus yang ada dan akhirnya menyalahkan sana sini dan ujung-ujungnya masalah tidak akan selesai.
 2. Dalam suatu negara pasti terdapat perbedaan terutama dalam hal memeluk agama. Namun perbedaan itulah yang menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Dalam paradigma tentang kehidupan agama di Indonesia,Pancasila  telah memberikan dasar-dasar nilai yang fundamental bagi bangsa
Indonesia untuk hidup secara damai dalam kehidupan beragama di negara Indonesia dan menegaskan bahwa kehidupan di Indonesia berdasarkan dengan nilai-nilai Ketuhanan. Jadi menurut saya kaitannya dengan kasus-kasus agama di Indonesia itu lebih kembali ke kepercayaan masing-masing. Mungkin memang terkadang ada ajaran agama yang "sesat" tetapi seperti saya bilang semua kembali ke diri masing-masing dan ke kepercayaan masing-masing.

1 komentar:

  1. ralat ! post berikut bukan part 6 melainkan part 5 . mohon dimaafkan atas kesalahan judul :)

    BalasHapus