Sabtu, 26 Februari 2011

ASPEK-ASPEK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Aspek ipoleksosbud
Proses globalisasi kini terus berlangsung dengan mengikutsertakan berbagai aspek, baik menyangkut ideology, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Meskipun persoalan benturan budaya ini mengemuka (dalam kurun waktu belakangan ini) namun sisi positif dari globalisasi bukanlah gejala yang interfior, globalisasi bila berlangsung melebihi dan mengalahkan kemungkinan buruk yang bisa terjadi dari benturan budaya tadi.

Konsekuensi lahirnya globalisasi
Rentetan konsekuensi lahirnya globalisasi yaitu negara dan masyarakat harus siap dan menyiapkan diri untuk berinteraksi, bersaing dalam memenuhi kebutuhan dan mewujudkan kesejahteraan mereka. Mereka harus mampu memanfaatkan peluang.

SDM yang handal
Kondisi globalisasi menuntut adanya sumber daya manusia yang handal, berpengetahuan luas, menguasai berbagai alat komunikasi, termasuk berbagai bahasa asing.

Liberalisasi di bidang ekonomi
Era baru yang ditandai dengan kecenderungan globalisasi merupakan akibat semakin banyaknya negara yang melakukan liberalisasi di bidang ekonomi yang ditunjang dengan perubahan kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi. Globalisasi mengandung arti bahwa setiap negara dan masyarakat mengahadapi persaingan global baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar