Sabtu, 26 Februari 2011

PELUANG KERJA DI ERA GLOBAL

Adanya agreement GATT/WTO di bidang jasa
Agreement antara negara-negara WTO dapat saling mengirimkan tenaga kerja. Indonesia memiliki potensi tenaga kerja yang melimpah, oleh karena itu terdapat peluang-peluang untuk mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri. Meskipun saat ini Indonesiamasih mengirim tenaga kerja yang berbasis pendidikan rendah dan skill rendah. Namun untuk masa yang akan dating Indonesia harus mampu menciptakan tenaga kerja yang setidaknya berpendidikan menengah yang memiliki skill yang memadai sesuai pasar kerja dan lebih bagus lagi yang berpendidikan tinggi dan berskill tinggi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat global maupun regional dan nasional memberi peluang yang besar untuk mempercepat dan mengembangkan kualitas tenaga kerja. Dengan peningkatan kualitas tenaga kerjadengan melalui mengadopsi dan menguasai teknologi dan manajemen negara-negara yang telah lebih maju, diharapkan tenaga kerja Indonesia menjadi berkualitas untuk ikut terjun di pasar bebas tenaga kerja di tingkat regional dan global.

Kemudahan kerja sama baik di tingkat regional maupun global
Kemudahan kerja sama akan memberi manfaat terhadap pembangunan sumber daya manusia atau lebih khusus pembangunan tenaga kerja.

Lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di era global
Era globalisasi, melahirkan sentra-sentra ekonomi baru terutama daerah-daerah yang hasil alamnya melimpah. Dengan demikian maka sentra-sentra ekonomi baru tersebut akan meningkatkan sumber daya manusia, terutama tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar