Selasa, 15 Februari 2011

SISTEM PEMERINTAHAN DI BERBAGAI NEGARA


·        Sistem pemerintahan Amerika Serikat
Presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung dalam satu paket dari dan oleh rakyat. Masa jabatan presiden dan wakil presiden selama empat tahun dan sesudahnya dapat dipilih lagi hanya untuk dua kali masa jabatan. Para menteri disebut sebagai chief executive yaitu sebagai pembantu presiden. Presiden mempunyai kekuasaan dan wewenang untuk memveto suatu rancangan undang-undang yang talah diterima oleh kongres. Kongres merupakan dewan legislatif yang terdiri atas bikameral yang terdiri dari 2 kamar, yaitu :
§         Senat, jumlahnya sama dengan wakil senator dalam setiap negara bagian, yaitu 2 orang senator, dan
§         House of  representative, wakil dari negara bagian dengan ketentuan setiap 30.000 orang penduduk mendapatkan 1 wakil.

·        Sistem pemerintahan Belanda
Negara Belanda merupakan negara yang berbentuk kerajaan. Sistem pemerintahan yang digunakan yaitu monarki konstitusional dengan kepala negara raja/ratu. Kekuasaan eksekutifnya diselenggarakan oleh kabinet. Pemilihgan anggota Tweede Kamer diselenggarakan secara langsung. Setiap warga negara telah berusia 23 tahun memiliki hak memilih dan mereka yang berusia 25 memiliki hak untuk dipilih.

·        Republik Pakistan
Berdasarkan UUD Republik Pakistan tahun 1962, pemerintahan di negara ini menganut sistem presidentil. Badan eksekutif terdiri atas presiden yang beragama islam, perdana menteri, dan para menteri. Presiden mempunyai wewenang memveto yaitu menolak atau membatalkan rancangan undang-undang yang diterima oleh badan legislative. Presiden juga berhak untuk membubarkan badan legislative. Dewasa ini, Republik Pakistan kembali ke sistem parlementer.

·        Kerajaan Inggris
Badan eksekutif Inggris terdiri atas raja, perdana menteri, dan para menteri. Raja merupakan lambang persatuan dan kesatuan yang senantiasa dibanggakan, lambang adat dan tradisi yang dipertahankan, lambang konstitusi secara konvensi, dan untuk menjaga dinamisme pemerintahan. Perdana menteri Inggris mempunya kekuasaan yang cukup basar dan wewenang untuk memimpin kabinet yang anggotanya telah dipilih sendiri, membimbing majelis rendah, menjadi penghubung raja, dan memimpin partai mayoritas.

·        Republik Perancis
Perancis mengalami lima kali bentuk republik. Republik pertama, mulai dari tahap-tahap dewan konstitusi nasional, dewan legislative, konvensi nasional, dan masa direktorium sampai kemunculan Napoleon. Republik kedua, merupakan bentuk pemberontakan terhadap pemerintahan diktator Louis Phillipe sebagai raja konstitusional, dan berakhir pada masa munculnya turunan Napoleon yang membentuk dinasti. Republik ketiga, yaitu pada masa rezim vichy, dengan Marsekal Petain sebagai Presiden. Republik keempat, dipimpin Jenderal de Gaulle yang memimpin gerakan Perancis Merdeka dalam Perang Dunia II, sitemnya banyak partai dan Republik kelima, dimulai sejak 1958 dengan Jenderal Charles de Gaulle yang pernah menjadi perdana menteri pada republic keempat sebagai presiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar